Senin, 26 Mei 2014

Manfaat Mentimun atau Ketimun, merupakan Makanan #Super

Juice Mentimun - foto oleh citara sawan 
Bahasa latin dari mentimun adalah Cucumis sativus, biasa kita jumpai dihidangan, terutama lalapan, salad, atau acar. Mentimun yang mempunyai cukup tinggi kandungan air sehingga berfungsi menyegarkan tubuh, bisa mengurangi dehidrasi. Bisa dikonsumsi langsung ataupun dibuat menjadi jus (juice). Beberapa manfaat itu adalah sebagai berikut:

Kurangi Dehidrasi tubuh
Jus mentimun mengandung 95% air. Karena tingginya kadar air tersebut, maka jus mentimun dapat menghidrasi tubuh Anda, membuang racun, mendinginkan tubuh, memperlancar pencernaan, serta menurunkan berat badan Anda.

Kuatkan tulang

Kebutuhan harian vitamin K Anda mampu digantikan dengan segelas jus mentimun. Kandungan vitamin K di dalamnya mampu menguatkan jaringan tulang, menjaga kesehatan ginjal, serta memainkan peranan penting dalam pembekuan darah.

Kurangi rasa nyeri sendi
Mentimun tinggi akan silica. Silica dikenal sebagai zat alami yang mampu mendorong kesehatan sendi. Selain itu jus mentimun juga kaya akan vitamin A, B1, B6, C, D, folat, magnesium, kalsium, dan kalium yang semunya baik untuk kesehatan sendi.

Cegah kanker
Banyak jenis kanker seperti kanker organ reproduksi dan adenokarsinoma yang dapat dicegah dengan mengonsumsi jus mentimun secara teratur. Hal ini disebabkan karena timun mengandung nutrisi penting yang baik untuk mencegah kanker.

Menyeimbangkan kadar asam dalam tubuh
Minum jus mentimun mampu menyeimbangkan kadar asam atau pH di dalam tubuh Anda sebab jus mentimun mengandung mineral alkali di dalamnya.

Melawan kolesterol dan diabetes
Kandungan sterol yang ada di dalam mentimun telah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Selain itu jus mentimun dapat membantu pankreas dalam menghasilkan insulin sehingga mampu menjaga kadar gula darah pasien diabetes.

Untuk sistem kekebalan tubuh
Jus mentimun mengandung tembaga di dalamnya. Tembaga akan membantu tubuh dalam memproduksi sel-sel darah merah serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Tembaga juga bertanggung jawab untuk meningkatkan energi di dalam tubuh.

Kuatkan tulang dan gigi
Jika Anda seorang vegan, jus mentimun dapat Anda jadikan sebagai pengganti susu. Sebab jus ini mampu memperkuat tulang, gigi, menyehatkan saraf impuls di sistem transmisi saraf, serta mampu menjaga keseimbangan hormonal.

Diabetes Jus mentimun juga bisa membantu kesehatan pasien diabetes. Kandungan mineral mangan di dalamnya berikan manfaat untuk sintesis insulin alami di dalam tubuh.


Menetralkan Tekanan DarahPotasium, magnesium, dan serat yang hadir pada mentimun dapat membantu Anda menjaga tekanan darah tetap normal.

Dari beberapa manfaat ini banyak mengatakan Mentimun ini adalah jenis makanan #Super. Semoga bisa membuat hari-hari anda semakin sehat dan bermanfaat buat orang-orang yang anda cintai.